Lilypie 3rd Birthday Ticker

bakso ayam

Beberapa hari ini koq pengen bakso mulu yah. Akhirnya kepikiran buat sendiri. Browsing sana sini akhirnya nemu resep bakso dengan sedikit ku modifikasi. Baksonya pake daging ayam.. soalnya punyanya daging ayam hehehe…
Lumayan juga tapi ga sekenyal bakso orang jualan habisnya ga pake pengenyal.

Bakso ayam ala leah

Bahan :
350 gr daging ayam,( pilih dada soalnya seratnya lebih dikit )
50 gr kulit ayam
3 sdm tepung sagu kanji
3 siung bawang putih, haluskan
1 butir telur
1 sdt garam
1/2 sdm gula
1 sdt merica
1 sdm bawang goreng
150 gr es batu

Kuah bakso :
500 ml air
tulang – tulang ayam
3 siung bawang putih
1 siung bawang bombay
merica, garam, penyedap secukupnya

Cara membuat :
Giling ayam, kulit, es batu kedalam food processor, sampe halus, kemudian masukkan sisa bahan lainnya kecuali telur. Kalo dah tercampur semua baru masukkan telur dan giling kembali sampe tercampur rata.
Rebus air sampe mendidih dan kemudian kecilkan api. Bentuk adonan menjadi bulat dengan 2 buah sendok, masukkan dulu 1 bakso, icipin kurang apa, kalau sudah cocok dengan selera tinggal masukkan adonan yg sudah dibulat-bulatkan ke dalam air mendidih. Nah kalo dah mengapung tanda dah matang.

Kuah bakso :
Rebus sisa tulang2 yang dagingnya dah diambil. Tumis bawang putih, bawang bombay, daun bawang. masukkan ke dalam rebusan tulang ayam. Tambahin garam, merica dan penyedap.

Cara penyajian tinggal selera aja. aku sih senengnya bakso kuah aja.

Minus mata nambah

Ga kerasa dah akhir bulan… siap2 dengan tagihan2 yang menanti hehehe. Ya sudahlah daripada pusing mending masak ikan aja. Lagi pengen nila goreng nih.

Oh iya dah 5 bulan terakhir ini kembali bisa menikmati hobi baca buku. Alhasil minus mataku nambah banyak T_T …. ya tapi mo gimana lagi hikss.

Next Page →